Apa itu Lagu Nightcore? (Part 2) : Pembahasan, Kelebihan dan Kekurangan, Parameter, dan Cara Pembuatannya

Seperti di blog sebelumnya, Nightcore adalah suatu remix music yang memiliki ritme nada yang cepat dan biasa dibarengi dengan perubahan nada vocal dan instrument. Lagu Nightcore tercipta dari Original Song (lagu yang belum diubah) yang Key nya dimajukan serta Pitch yang ditambah, tentu disesuaikan dengan Key dan Pitch dari Original Song nya sehingga menghasilkan suara dan nada yang berbeda, terkadang bisa lebih baik daripada versi originalnya, tentu memberikan kesan yang berbeda bagi orang yang mendengarkan lagu jenis ini.

Dalam dunia Nightcore, hal yang sangat ditakuti adalah CHIPMUNK. Chipmunk adalah suatu teknik nightcore yang gagal, dikarenakan pembuat nightcore tidak dapat menemukan kecepatan nada (terkadang Key juga ikut berubah) yang disebut Pitch dengan tepat. Hal tersebut membuat kecepatan dan nada yang dihasilkan terlalu cepat dan tidak enak didengar oleh telinga kita, terkecuali agan sengaja melakukan hal demikian.


UNTUK KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NYA, berikut jabarannya :

Kelebihan :

  1. Menghasilkan sensasi music yang berbeda, terkadang lebih baik daripada versi originalnya.
  2. Memaksimalkan Lagu yang anda miliki. Ada juga yang menggunakan teknik nightcore untuk mengeksplor lagi potensi lagu tersebut.
  3. Beberapa orang mengatakan, mereka bisa lebih focus mengemudi atau berpikir atau melakukan aktivitas jika mendengarkan lagu Nightcore.
  4. Kualitas suara sangat baik, alasannya ada di bagian kekurangan no 1.
  5. Aplikasi untuk Nightcore-ing bisa menggunakan aplikasi DJ Virtual (biasanya gratis) untuk meminimalisir penggunaan memori yang tidak perlu karena lagu bisa diputar dan diatur secara real-time, kekurangannya adalah jika ingin menyimpan lagu tersebut maka lagu tersebur harus diputar sambal direkam dari awal sampai akhir dengan menggunakan fungsi REC di aplikasi DJ tersebut.

Kekurangan :

  1. Lagu yang ingin di Nightcore harus berkualitas bagus (192kbps keatas), sehingga kurang direkomendasikan menggunakan music yang di download dari video youtube karena hanya memiliki kualitas 128bkps saja.
  2. Tempo lagu nya HARUS slow atau pelan agar mendapatkan hasil maksimal. Bisa saja menggunakan lagu original tempo cepat, tetapi opsi nightcorenya terbatas.
  3. Lagu yang bisa di Nightcore tidaklah banyak, tergantung lagu, parameter, dan orang yang melakukan nightcore.
  4. Bagus atau Tidak nya lagu Nightcore itu SELERA, sehingga lagu Nightcore kurang direkomendasikan untuk konsumsi umum, dan lebih ditujukan oleh orang yang mengerti dengan musik.
  5. Untuk youtuber, lagu ini sering menjadi sasaran Pelanggaran Hak Cipta, sehingga seringnya dijadikan koleksi pribadi saja.

PARAMETER LAGU NIGHTCORE

Dalam Nightcore suatu music, terdapat aturan tertentu yang memberikan isyarat bahwa lagu tersebut cocok untuk di lakukan Nightcore-ing, yaitu (TERGANTUNG LAGUNYA) :

  • Sebisa mungkin mencari lagu yang alur lagunya berjalan pelan.
  • Untuk mengubah Key / Kunci ada aturan nya, biasanya +1 (di VirtualDJ) mewakili 1 Semitones (di Audition) dan kode Key nada juga berubah secara otomatis (di VirtualDJ). dari 0 dengan kunci E, diubah ke +1 dengan kunci F… begitupula seterusnya. Untuk kunci bisa di atur +1 hingga +6.
  • Untuk mengubah Pitch atau kecepatan, biasanya antara 10% - 30%, gunakan perasaan agar lebih afdol / tepat saat mengubah pitch ini.

Setelah itu coba didengarkan lagunya, jika menurut agan sudah pas maka lagu tersebut bisa di sebut Nightcore.

Dalam melakukan pembuatan lagu nightcore, ada hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu, antara lain :

  • Kualitas Lagu harus baik (jika mp3, antara 192 kbps – 320 kbps. Untuk format lain disesuaikan saja dengan mendengarkan langsung lagunya), karena jika kualitas lagu aslinya buruk maka hasilnya ikut buruk.
  • Aplikasi Editor music seperti Audacity, Adobe Audition, ataupun VirtualDJ, yang mana saja bisa dipakai.
  • Sistem Audio yang Baik dari perangkat output maupun perangkat prosesnya atau computer/laptop/smartphone (disarankan menggunakan headset/headphone yang bagus).
  • Kemampuan pendengaran yang sensitive. Karena hanya dengan pendengaran kalian yang bisa menentukan nightcore tersebut bagus atau tidak.

CARA PEMBUATAN LAGU NIGHTCORE

Untuk Adobe Audition (versi Video ada di Part original)

  1. Buka Adobe Audition
  2. Masukkan Lagu yang ingin di Nightcore dibagian Files di bagian pojok kiri atas.
  3. Ubah format kerja dari Wavefrom ke Multitrack pada bagian atas dari Files tadi, jika ada notifikasi silahkan tekan oke.
  4. Drag lagu yang sudah ada di Files tadi ke bagian Track 1.
  5. Dibagian kiri area kerja, cari bagian Properties, lalu cari Stretch.
  6. Pada bagian Stretch, atur mode dari Off ke Realtime dan atur Type dari Monophonic ke Polyphonic yang bertujuan agar Stretch dan Semitones bisa diatur secara terpisah.
  7. Bisa juga diubah ke Varispeed dengan hanya perlu mengatur angka Semitones saja, dengan resiko apabila Stretch nya diatur akan terpengaruh jauh maka teknik ini kurang saya sarankan.
  8. Setelah itu Stretch dan Semitones bisa diatur sesuai keinginan dengan aturan 
    • Stretch secara Default adalah 100%, semakin kecil angka Stretch maka semakin cepat tempo lagunya.
    • Semitones secara Default adalah 0, semakin besar angka semitones maka semakin naik kunci nada atau Key nya.
  • Coba didengarkan dari awal sampai selesai, jika sudah cocok maka disimpan dengan cara klik lagu di track 1, lalu di klik kanan, dan klik export mixdown, isi nama beserta setelan lokasi penyimpanan dan format lagunya, dan simpan.

Kelebihan menggunakan Aplikasi ini :

  • Lagu bisa diatur efek, parameter dan setelan nya sesuai dengan keinginan kita.
  • Jika lagu nya ingin disimpan, maka tinggal save saja. Semudah klik kanan save saja.

Kekurangan menggunakan aplikasi ini :

  • Harus sedikit mengerti ketika mengatur parameter diatas.
  • Kurang cocok bila setelan lagunya diatur sambil lagu tersebut diputar alias tidak real-time.
  • Aplikasi ini berbayar.

Untuk VirtualDJ

  1. Buka VirtualDJ, kalau belum ada silahkan download saja, gratis kok.
  2. Masukkan Lagu ke Disc 1, bisa langsung cari dari aplikasi VirtualDJ atau Drag dari File Explorer.
  3. Pada Disc 1, terdapat tulisan KEY. Silakkan diatur sesuai dengan selera (+1 s/d +6).
  4. Pada bagian bawah KEY, terdapat PITCH atau kecepatan (dengan bar persen dan knop gesernya) silahkan diatur juga sesuai selera (10% - 30%).
  5. Jika sudah dirasakan cukup dan ingin disimpan, silahkan tekan REC dan putar lagunya dari awal lagu hingga lagunya selesai.

Kelebihan :

  • Bisa digunakan Real-time sehingga jika tidak ingin disimpan, maka memori tetap aman.
  • Aplikasinya ringan dan Mudah digunakan.
  • Aplikasi ini Gratis.

Kekurangan :

  • Jika lagunya ingin disimpan, maka lagu tersebut harus diputar dan direkam dari awal hingga akhir.

Untuk Edjing (di Smartphone)

  • Buka Edjing, jika belum silahkan install dulu di Play Store atau App Store… siap tahu full versinya masih tersedia tanpa bayar lagi.
  • Ada ikon Tambah lagu, silahkan klik dan cari lagunya di hp kalian setelah itu pilih, bisa juga pakai soundcloud atau deezer tapi itu langganan berbayar yang terpisah dari aplikasi ini.
  • Di bagian pojok kiri atas (atau kanan atas kalau pakai disc 2), tekan PITCH
  • Silahkan geser Pitch sesuai selera. Namun opsi mengatur key dihilangkan sehingga nilai key akan mengikuti pitch.
    Untuk Kelebihan dan Kekurangan, Mengikuti VirtualDJ.

Gimana guys, gampang kan mengetahui Nightcore dari definisi terbaru, parameter, kelebihan kekurangan, serta cara pembuatannya… silahkan dishare dan komentarnya ya


Komentar

  1. Oh, jadi nightcore itu hanya untuk mengubah pitchnya aja ya, kirain kayak bau bau dj gitu, di Indonesia sih nightcore jarang terkenal, makanya lagu remix thunder aja dibilang DJ Nightcore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang Nightcore itu mengubah pitch nya saja. Tapi kalau soal DJ atau semacamnya ya tergantung lagu original nya, sudah ada unsur DJ nya atau belum.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagusan Body Laptop Aluminium atau Polycarbonate?

Apa itu Lagu Nightcore? : Pembahasan dan ciri cirinya

Virus Ground.exe