Apa sih itu Vlog? Pembahasan, Tips dan Caranya


Apa sih itu Vlog? Apa itu Vlogging? Terlebih lagi Vlogger itu apa?
Ditulis dan disusun oleh Bagus Oka Surya.

Banyak orang ingin membuat vlog, tetapi masih banyak juga yang belum tahu tentang dunia vlogging, disini saya akan membahasnya sedetail mungkin.

Sebelum itu, kita harus tahu dulu apa sih Blog itu?
Sumber Wikipedia menelaskan :
"Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web"

Dari pengertian blog itu, maka Vlog itu merupakan Video Blog yaitu blog yang berisi topik, fakta, opini dan ketertarikan tertentu tersebut disampaikan melalui media video yang berdurasi minimal 3 menit.

Vlog itu bisa dibuat dengan berbagai kategori baik yang berkaitan dengan apa yang kalian miliki maupun yang berkaitan dengan apa yang dialami.

Berikut kategori Vlog yang paling sering dicari orang:

- Trending Topic / Viral
- Gaming
- Destinasi Tempat dan peristiwanya
- Otomotif
- Restoran / Angkringan
- Jalan-Jalan 
- Vlog Iseng (kalau saya sih sering nya yang ini) ada di Channel Saya

Vlogging adalah nama kegiatannya.

Vlogger adalah orang/organisasi yang membuat suatu Vlog.

Untuk membuat vlog, anda mungkin harus memikirkan hal dibawah agar vlog yang anda hasilkan bisa bagus dan menarik.
  • Topik/inti pembahasan harus jelas agar penonton paham dengan apa yang disampaikan dari video anda.
  • Tempat/lokasi bisa disesuaikan dengan keadaan saat vlogging.
  • Waktu usahakan antara pagi atau sore hari (tidak berlaku kalau memang eventnya mulai pada malam hari)
  • Sudut pandang kamera
  • Alat rekaman yang baik
Berikut alasan hal diatas penting.
Memang mengapa waktu tidak disarankan pada malam hari?
Karena pada dasarnya vlogging tidak cocok dilakukan pada malam hari karena teknologi kamera yang dimiliki oleh sebagian orang belum ada yang maksimal untuk menangkap momen pada malam hari tanpa night vision, sehingga akan terjadi noise, kalaupun ada yang bagus biasanya hanya dimiliki oleh profesional dengan harganya yang mahal.

Kok ada sudut pandang kamera? Terus gimana dong?
Sudut pandang kamera itu maksudnya jika anda merekam video untuk vlog anda, maka anda harus memperhatikan sudut pengambilan videonya.

Mau yang ala FPS seperti ini bisa
Mau yang ala orang review juga bisa
Atau mau ala gaya anda sendiri? Jelas bisa
Yang terpenting adalah vlog anda harus enak dilihat dan tidak membuat pusing penontonnya.

Lalu alat rekaman seperti apa yang baik bagi saya?
Sebenarnya tidak sulit ditemukan dan pasti anda memiliki salah satunya, yakni :
  • kamera digital atau smartphone dengan format resolusi 1024x720 pixel dengan frame rate minimal 25 fps. Lebih besar lebih baik.
     OR
  • Kalau bisa anda memiliki alat perekam suara, kalau tidak punya bisa dengan menggunakan hp cadangan yang memiliki jack audio 3.5mm (lubang headset) lalu beli mic external dan rekam suara anda seiring dengan merekam videonya.
  • Action camera jika anda ingin merekam sambil berkendara atau ke tempat ekstrem.

Lalu, untuk memulai membuat vlog pertama saya, apa yang harus saya lakukan?

Vlog pada dasarnya adalah sebuah presentasi terhadap apa yang ingin anda jelaskan, bisa makanan, tempat wisata, kehidupan anda, pengalaman, dan masih banyak lagi yang lain. Untuk pertanyaan itu, anda sebaiknya mempelajari terlebih dahulu hal yang ingin anda jadikan vlog, misalnya untuk vlog pengalaman di Ubud, anda harus tinggal dan berinteraksi di dalam wilayah Ubud selama vlogging agar mendapatkan kesimpulan yang relevan.


FAQ ini Akan Ada jawaban J1 dan J2, mengapa? Itu adalah sedikit jawaban dari dua sudut pandang yang berbeda dari masing-masing individu. 
Berikut Pertanyaan yang sering di tanyakan? (FAQ) 

Apakah Vlog itu perlu? 
J1: Ya, apabila anda punya ketertarikan terhadap topik tertentu dan ingin membuatnya dalam bentuk video dan didukung dengan kemampuan membuat video yang menarik, akan lebih bagus lagi bila anda punya relasi dengan youtuber atau vlogger lain.
J2: Tidak, apabila anda tidak punya ketertarikan terhadap topik tertentu, terlebih anda tidak punya minat untuk mencoba membuat vlog bahkan yang sederhana sekalipun.

Apakah membuat vlog itu mudah?
J1: Ya, apabila anda sudah siap dengan apa yang ingin di Vlog, bisa makanan, tempat, atau apapun, bahkan saat perjalanan ke suatu tempat yang termasuk ke dalam Motovlog maupun Carvlog.
J2: Tidak Mudah, apabila anda belum matang dengan apa yang mau di Vlogging, ini biasanya sering terjadi di lokasi yang tidak terduga diluar rencana awal, namun lokasi tersebut sebenarnya lebih menarik daripada tempat yang direncanakan, tetapi anda lupa tujuan anda pada saat di perjalanan itu apa. Yang lebih parah, anda mau samakan vlog anda dengan apa yang ada di program tv, sebenarnya boleh" saja, tetapi itu akan membuat vlog mu tidak jadi" juga karena harus sama persis dengan apa yang ada di tv. Maka itu buatlah vlog dengan kreatif dan gaya anda sendiri.

Apakah orang yang nge-Vlog harus terkenal?
Sebenarnya sulit menjawabnya, tetapi jawaban ini bisa sedikit membantu memecahkan masalah ini.
J1: Ya, dengan menjadi terkenal, Vlog anda dengan mudah ditonton banyak orang bahkan vlog absurd pun ikut ditonton juga karena anda punya Nama, baik didalam maupun diluar dunia Vlogging.
J2: Tidak, dengan membuat Vlog yang menarik, bagus, dan dicari banyak orang saja sudah cukup membuat mu mendapatkan banyak Viewers terlebih Subscriber di Youtube sehingga perlahan anda jadi terkenal seiring dengan populernya vlog anda.

Jadi, sebenarnya membuat suatu vlog itu mudah dan murah, dengan bermodalkan kamera bahkan kamera hp dengan kualitas minimal 720p / HD, kita bisa membuat vlog yang baik dan menarik. tetapi banyak orang dan bahkan salah satu situs yang mengatakan membuat vlog itu tidak mudah terlebih ada kata seperti ini "Vlogging tidak ditujukan untuk youtuber pemula". Hmmm ini sebenarnya karena sudut pandang orang kita yang lebih menonton vlog orang yang sudah terkenal sejak dari awal daripada menonton vlog youtuber pemula (meski penulis sering sih begitu juga). meski begitu, orang yang terkenal di dunia vlogging (terutama yang belajar dari nol, bukan yang terkenal duluan baru vlogging) pada dasarnya sama seperti kita yang baru ingin belajar, yaitu mempelajari dasar-dasar dan teknik vlogging, dari sanalah mereka terus belajar membuat konten vlog yang berkualitas dan bermanfaat bagi para penontonnya sehingga mereka bisa sukses di dunia vlogging. Untuk tekniknya kalian bisa cari saja langsung di google.

Demikian artikel ini saya buat dengan sudut pandang saya sendiri dan dengan pemikiran saya sendiri, semoga dengan tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi kita, khususnya untuk yang ingin mulai mencoba membuat Vlog. Main-main di channel youtube saya di Bagus Oka Surya dan subscribe jika bermanfaat agar saya dapat membuat vlog yang lebih baik dan membaca artikel blog saya yang lain agar saya dapat terus membuat artikel yang berkualitas dan pastinya berbeda dengan yang lain. Semoga sukses

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagusan Body Laptop Aluminium atau Polycarbonate?

Apa itu Lagu Nightcore? : Pembahasan dan ciri cirinya

Virus Ground.exe