Mengapa dokumen kita berubah format tulisannya? Ini Sebabnya

Di zaman sekarang, tidak seperti di zaman tahun 80'an, komputer sudah banyak diproduksi dan digunakan oleh semua orang, baik itu Desktop PC, Laptop, Tablet, bahkan Smartphone. Kemudahan penggunaan perangkat tersebut juga di imbangi dengan fitur yang ada di smartphone yang tidak kalah dengan yang ada di PC/Laptop, Microsoft Word misalnya, dulu jika aplikasi word standar microsoft hanya ada di PC sedangkan jika di Smartphone hanya aplikasi buatan pihak ketiga dengan fitur serupa dengan biaya yang lumayan mahal, sekarang aplikasi Microsoft Word sudah dirilis juga di Smartphone maupun Tablet yang fiturnya juga hampir serupa dengan Word yang ada di PC. 



Namun dibalik kemudahan kita dalam membuat dan menyunting dokumen, ada beberapa masalah dalam memproses dokumen yang utama, yaitu mencetaknya. Ya mencetak dokumen itu bagi sebagian orang memang agak merepotkan, apalagi jika mencetak nya pakai komputer lain yang versi office nya berbeda dengan yang dimiliki, contoh jika anda memiliki office 2013, maka tampilan layout dokumen anda bisa saja berbeda jika format dokumen anda adalah "NamaDokumenAnda.docx" ke office yang ada dibawahnya (office 2010) ataupun diatasnya (office 2016), ada lagi yang bertanya mengapa font yang saya pakai bisa berbeda jauh ketika di komputer lain, mengapa bisa begitu?


Jadi di aplikasi Microsoft Office walaupun format dokumen anda sama-sama Nama.docx, tapi setting format officenya berbeda di setiap seri Office tersebut meskipun formatnya secara nama benar-benar sama, namun anda masih bisa membukanya di Aplikasi office apapun meskipun mungkin ada sedikit hal yang berlainan. Selain itu jika font yang anda gunakan pada dokumen tersebut tidak ada di komputer lain, maka font akan berubah menyesuaikan dengan bentuk font standar. Bagaimanakah solusinya?

Anda cukup ubah nama filenya dalam format yang berbeda untuk langsung dicetak, sedangkan untuk diedit kemudian, tetap simpan dalam format NamaDokumen.docx agar tidak ribet saat di edit kemudian. Berikut cara save file yang akan digunakan untuk di print :

1. Setelah menyelesaikan dokumen, klik file, lalu save as, lalu klik browse (untuk office 2013 keatas) lalu simpan dengan nama dokumen anda dan dibagian format file, anda bisa menggunakan opsi yang sering digunakan : 



PDF : suatu file dokumen portable yang tidak akan berubah tampilan dokumennya dimanapun anda membukanya, tetapi anda juga tidak bisa mengeditnya dengan mudah tanpa software PDF editor seperti contohnya Wondershare PDF Elements atau semacamnya.

RTF (Rich Text Format) : suatu file yang dibuat di word agar format yang ada pada dokumen anda tidak akan berubah seperti halnya PDF, namun file RTF masih bisa diedit dengan Microsift Word namun dengan konsekuensi ukuran file yang dihasilkan jika menggunakan RTF lebih besar serta lebih lambat dibuka maupun disimpan bila dibandingkan dengan DOCX, ini karena file RTF menambahkan kode-kode di dalamnya agar file yang kita buat tetap pada posisi semula baik pada saat kita membuatnya maupun menyetel format margin, gambar, ukuran kertas, dan lainnya.

2. Bila sudah, klik save dan anda siap mencetak dokumen anda.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagusan Body Laptop Aluminium atau Polycarbonate?

Apa itu Lagu Nightcore? : Pembahasan dan ciri cirinya

Virus Ground.exe