Pengalaman menggunakan IPhone dan Android

Iphone merupakan smartphone yang diproduksi dan dirilis oleh apple, yang pastinya hp ini merupakan hp premium meski 3gs atau 5c sekalipun. Disini saya akan menjelaskan pengalaman saya menggunakan iphone yang dimulai dari iphone 4s dan iphone 5c tentunya dibandingkan dengan android ( pribadi pengguna dan sudut pandang umum )


Design
Secara design yang sudah, pasti nya design kedua iphone yang saya gunakan cukup bagus dan masih mewah sampai sekarang. Mungkin beberapa tahun lagi designnya semakin bagus dan mewah khas apple. Pada iphone 4s cukup unik karena adanya bezel metal di sekeliling hp dan kaca pada bagian belakang. Sedangkan di iphone 5 unsur metalnya dominan, tapi di iphone 5c malah plastik yang dominan yang malah menghilangkan kesan iphone dan menjadikan nya paling unik serta kurang mewah, kedepannya iphone terbaru sudah memiliki design terbaik yang sulit ditiru secara kualitas.
Sedangkan android kebanyakan menggunakan plastik di masa iphone 4s (kecuali 5c) namun sekarangpun hp android yang berbody metal belum mampu menyaingi kualitas body iphone meskipun desainnya juga sama sama bagus.


Practicaly
Untuk praktiknya iphone lebih mudah daripada android karena menu iphone simple dan mudah diingat didukung oleh susunan menu yang mudah dijangkau tangan dan tidak berbelit sehingga cocok diberikan untuk orang tua yang cerewet, sedangkan di android menunya sulit dan berbeda antara satu hp android dengan yang lainnya yang hanya akan membuat orang tua frustasi.

Konektifitas
Di iphone 4s, penulis merasa sangat tercukupi dengan koneksi 3G HSDPA dengan kecepatan yang lebih baik dari iphone 4, sedangkan di iphone 5 4g nya tidak bisa dipakai di indonesia karena keterbatasan frekuensi yang didukung, di iphone 5c keatas 4g nya dapat digunakan secara penuh dengan kecepatan yang meningkat dari generasi ke generasi.
Kalau android 4g nya sudah disesuaikan dengan frekuensi yang ada di indonesia, namun kestabilan jaringan belum bisa menyaingi iphone meskipun kecepatan android lebih baik dari iphone.
Untuk koneksi lain seperti bluetooh android lebih unggul karena di android bisa menghubungkan perangkat apa saja sedangkan iphone hanya bisa sesama iphone dan aksesoris saja.


Display atau layar
Nah ini nih yang saya suka dari iphone yaitu retina display yang sudah default terpasang pada iphone 4s keatas. Retina display berfungsi untuk menajamkan layar tanpa harus menambah resolusi sehingga dot atau titik layar tidak bisa terlihat secara langsung yang pastinya bermanfaat untuk mengurangi sakit mata bahkan minus, sehingga iphone anda bisa anda gunakan untuk fotografi, video recording, bahkan untuk membuat desain grafis darurat, dengan kombinasi warna yang baik akan membuat iphone hp dengan kualitas layar terbaik hingga saat ini yang membuat yang menggunakan iphone tidak mau berpindah ke android, sedangkan android meskipun setara bahkan lebih baik dari iphone, tapi belum bisa menyaingi retina display milik iphone yang bisa real retina display.

Kompabilitas
Android lah yang menjadi juaranya, didukung oleh aplikasi yang berlimpah di play store dan toko lain yang banyak pula aplikasi gratisnya, bahan bajakan pun bisa diinstall di android, sedangkan di iphone aplikasinya sedikit dan aplikasi bajakan sulit sekali diinstall, meski begitu aplikasi android tidak semuanya aman meski di toko resmi sekalipun dan untuk kualitas aplikasi mobile, iphone lah yang memiliki kualitas aplikasi terbaik.

Kompabilitas update
Bila di android update sangat bergantung pada produsen hp sehingga tidak jarang ada yang sampai stuck disitu saja versi androidnya sedangkan di iphone dukungan updatenya bagus sekali bahkan iphone 5c bisa mencapai ios terbaru tanpa masalah.

Gaming
Lagi lagi iphone menjadi juara dalam kecepatan aplikasi game sedangkan android juara dalam kuantitas aplikasi game, secara kuantitas android juara karena di play store banyak aplikasi game yang bermanfaat belum lagi yang bajakan sedangkan iphone juara dalam kualitas dan kecepatan aplikasi game yang dijalankan. Terbukti kecepatan game pada iphone 5c sama dengan kecepatan game di samsung galaxy s5.

Keamanan
Lagi lagi iphone menjadi juaranya, kenapa? Karena iphone datanya tidak mudah dibuka selain pemilik akun serta aman dari virus disebabkan celah keamanannya yang kecil sedangkan iphone karena dia open source maka hp android berbeda tingkat keamanannya bahkan bila dibanding hp dengan jenis bahkan lebih" seri yang sama sehingga rentan virus.

Durability
Yang terakhir adalah durability atau ketahanannya, bisasanya hp android dirancang dengan sistem open source yang berbeda sehingga akan berbeda pula ketahanannya meski seri hpnya sama. 
Sedangkan iphone dirancang dengan sistem yang sama antara satu iphone dengan seri yang lain sehingga iphone lebih awet dibanding android bila digunakan dalam waktu yang sama dengan android tersebut
Contoh:
Apabila anda menggunakan iphone 5 dengan samsung s3 dalam penggunaan yang sama, biasanya iphone lebih awet karena kualitas hardware dan software yang paling baik dibanding samsung. Terbukti apabila android perlu reset sekali dalam 1 tahun atau kurang, kalau iphone hanya perlu reset sekali dalam 3 tahun atau lebih dalam kondisi normal. Atau bila penggunaan sudah satu tahun keatas android mulai mengalami masalah performa software maupun hardware, maka iphone masih dapat digunakan tanpa mengurangi performa dalam kurun waktu yang sama.

Kesimpulan
Apabila anda ingin menggunakan hp yang tahan lama dan simple dan aman secara kualitas belilah iphone


Apabila anda ingin menggunakan hp yang multifungsi dan kompabilitas yang berlimpah gunakan android

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagusan Body Laptop Aluminium atau Polycarbonate?

Apa itu Lagu Nightcore? : Pembahasan dan ciri cirinya

Virus Ground.exe