Tentang Windows Bajakan


siapa yang tidak ingin gratis?. ya pasti semuanya mau yang gratis
ini pengalaman saya saat masih menggunakan windows bajakan windows 8.1 Pro. hanya untuk berbagi pengalaman 

saat itu banyak program yang saya butuhkan hanya jalan di Windows 8.1 versi Pro dan kebetulan saya mampu menginstal ulang yang didapat secara otodidak dan disekolah. lalu windows bawaan saya yang versi SL kebetulan harus diinstal ulang dan selanjutnya walaa... windows 8.1 Pro sudah terinstal

saya sudah tau bahwa menggunakan aktivator yang saya ketahui pada saat itu K****** itu sebenarnya illegal dan dapat merusak data saya yang mencapai ribuan tersebut. namun pada saat itu saya belum mengerti apa itu aktivasi dan hanya untuk pembelajaran sekolah semata seperti after effects, premier pro, dan aplikasi adobe lainnya, harga lisensi yang mahal dan rugi juga sih sudah laptop isi lisensi asli tapi versi SL, yang membuat saya memakai windows bajakan.

nah saat 6 bulan, yang saya bikin pusing 7 keliling adalah aplikasi di laptop saya seperti hantu ( sudah diinstal dapat hilang dengan sendirinya) entah karena apa, dan saya menggunakan avast free tidak mempan dan laptop saya semakin berat walaupun pake core i7. dan yang lebih mencengangkan adalah banyaknya trojan yang bersarang di OS saya ini.

saya yang sangat frustasi tersebut langsung balik ke versi windows bawaannya atau yang disebut OEM dengan versi Single Language, dan saya tidak lagi menggunakan windows bajakan karena celah yang disebabkan oleh aktivator tersebut. namun office dan lainnya masih seperti biasa karena kebanyakan software yang saya pakai adalah versi portable.

saya akan memberi penjelasan tentang versi windows 8.1

berdasarkan pemasaran

Windows OEM
 versi ini adalah versi windows yang sudah terinstal di PC. dan lisensi ini tidak boleh digunakan di komputer lain. jika menginstal ulang windows yang PC nya ada lisensi bawaan pastikan versi windows yang akan diinstal dengan lisensi windows pada PC sama.

Windows Retail
versi ini yang banyak ditemukan di store-store komputer resmi ataupun ISO yang ada di internet, dinamakan retail karena lisensi os ini bisa diinstal di PC manapun selama hanya dipakai 1 PC saja dan dapat di pindah.

windows Upgrade Pack
versi untuk meningkatkan versi windows saja. misal Windows 8.1 > Windows 8.1 Pro.

berdasarkan versinya

8.1 Single language : windows yang biasanya ada dengan laptop yang telah diinstal di pabrik PC
8.1 standard/ core : windows standar dan biasanya didapat dengan versi retail
8.1 Pro : memiliki fungsi yang lebih banyak dibanding dengan versi core/ SL seperti hyper-v, domain,bitlocker dan fungsi lainnya

saya akan menjelaskan bagaimana mengetahui lisensi windows yang asli

1. buka CMD run as administrator
2. ketik slmgr/dlv dan hasil yang asli seperti ini
 
kalau yang ini versi bawaan PC atau OEM

     ada validation URL
     tidak berisi KMS_CLIENT(kalau di cmdnya ditulis slmgr/div, baru ada kms)
     ada activation ID
     product key channelnya jelas (contoh RETAIL_channel)
3. coba update windows anda. jika saat restart tidak terjadi apa apa dan update nya berhasil, maka           windows itu asli (kalau updatenya gagal saat offline itu tidak masalah).

itu saja pengalaman saya tentang windows bajakan dan mengetahui cara melihat lisensi windows yang asli.


  



  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagusan Body Laptop Aluminium atau Polycarbonate?

Apa itu Lagu Nightcore? : Pembahasan dan ciri cirinya

Virus Ground.exe